Laman


Selasa, 20 Desember 2011

Hikmah dari Cerita Belalang...


PERJUANGAN SEEKOR BELALANG
Sahabat, ada sebuah cerita menarik yang terkemas dalam cerita dunia binatang (fabel). Bukan berarti kita belajar dari binatang lho... namun dari cerita tersebut kita dapat mengambil hikmahnya, bukan? Sebenarnya kalau kita cermati banyak hal kok yang ada di sekitar kita yang dapat kita petik hikmahnya. Yach, tak ada jeleknya khan, kita untuk mulai bersikap bijak, baik untuk diri sendiri, keluarga, saudara, teman-teman, dan orang lain pada umumnya.
Sahabat, coba simak ceritanya di bawah ini:
Ada seekor belalang telah lama terkurung dalam sebuah kotak. Suatu
hari ia berhasil keluar dari kotak yang mengurungnya tersebut. Dengan gembira ia melompat-lompat menikmati kebebasannya. Di perjalanan dia bertemu dengan seekor belalang lain. Namun teman belalang itu nampak keheran-heranan mengapa belalang itu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya.
Dengan penasaran ia menghampiri belalang itu, dan bertanya, "Mengapa kau bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh, padahal kita tidak jauh berbeda dari usia ataupun bentuk tubuh ?". Belalang itu pun menjawabnya dengan pertanyaan, "Dimanakah kau selama ini tinggal? Karena semua belalang yang hidup di alam bebas pasti bisa melakukan seperti yang aku lakukan". Saat itu si belalang baru tersadar bahwa selama ini kotak itulah yang membuat lompatannya tidak sejauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas.
Renungan : :
Sahabat, Kadang-kadang kita sebagai manusia, tanpa sadar, pernah juga
mengalami hal yang sama dengan belalang. Lingkungan yang buruk, sikap iri dengki dan hinaan dari teman, trauma masa lalu, kegagalan yang beruntun, perkataan teman atau pendapat tetangga yang kadang tidak mengenakkan hati, dan lain-lain. Seolah-olah membuat kita seperti terkurung dalam kotak semu yang membatasi semua kelebihan kita maupun kebebasan kita untuk berekspresi. Lebih sering kita mempercayai mentah-mentah apapun yang kadang mereka voniskan kepada kita tanpa pernah berpikir benarkah Anda separah itu? Bahkan lebih buruk lagi, kita lebih memilih mempercayai mereka dari pada mempercayai diri sendiri.
Sahabat, Tidakkah kita pernah mempertanyakan kepada nurani bahwa Kita
bisa "melompat lebih tinggi dan lebih jauh" kalau kita mau menyingkirkan "kotak" itu? Tidakkah kita ingin membebaskan diri agar kita bisa mencapai sesuatu yang selama ini kita anggap diluar batas kemampuan kita?
Sahabat, Beruntung sebagai manusia kita dibekali Tuhan kemampuan untuk berjuang, tidak hanya menyerah begitu saja pada apa yang kita alami. Karena itu sahabat, teruslah berusaha mencapai apapun yang kita ingin capai. Bisa jadi kita akan merasa lelah, capek, bahkan sakit, tapi bila kita sudah bisa mencapai sebuah keberhasilan, semua pengorbanan itu pasti akan terbayar.
Sahabat, Kehidupan kita akan lebih baik kalau hidup dengan cara hidup pilihan kita. Bukan cara hidup seperti yang mereka pilihkan untuk kita.
Selamat belajar dan terus berjuang sahabat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox